Cara Paling Praktis, Murah & Efektif

Mengatasi Gas LPG "Ngeses" / Bocor

 

http://www.saranaguna.com/antibocorgas

 

 

Hari ini :   

 

 

Seringkali pada saat kita ganti tabung gas dan memasang regulator, terdengar suara mendesis (ngeses) pada sekitar regulator disertai bau gas.

 

Hati - hati!. Itu adalah tanda gas LPG yang bocor.

 

Bagi anda yang memahami kasus ini, tidak masalah. Tapi, bagi yang awam, seringkali indikator ini diabaikan dan akhirnya dapat menyebabkan ledakan gas LPG / kebakaran. Atau jika tidak sampai terjadi hal yang tidak diinginkan, satu kerugian yang pasti dialami adalah gas LPG menjadi cepat habis / boros.

 

Gas "ngeses" / bocor sebenarnya mudah diatasi, permasalahannya...

  • Seringkali kita tidak punya persediaan karet seal tabung yang baru

  • Repot dalam mengganti karet seal tabung

  • Seringkali sudah ganti karet seal tabung baru tapi tabung tetap "ngeses" / bocor

Jengkel bukan jika kita mengalami keadaan seperti itu?...

 

Tidak perlu panik!. Dengan mengetahui dari mana gas LPG biasanya bocor keluar, kita bisa mengambil tindakan yang tepat.

 

Mengapa tabung gas bisa "ngeses" / bocor?...

 

Ada satu komponen penting dalam tabung gas yang disebut karet seal tabung, yang terletak di dalam mulut (knop) tabung gas. Karet seal inilah satu - satunya penahan kebocoran gas yang bersumber langsung dari tabung gas.

 

 

 

Sayangnya, karet seal tabung hampir tidak pernah diganti dengan yang baru oleh petugas depot isi ulang gas. Di samping itu, karet seal tabung yang baru juga tidak menjamin gas LPG bebas bocor pada saat regulator dipasang.

 

Beberapa sebabnya adalah sbb :

  • Banyak beredar karet seal tabung palsu yang terbuat dari campuran karet dan plastik, yang cepat kaku / rusak jika terkena gas LPG.

  • Akibat pengadaan massal dan diproduksi oleh banyak produsen, tabung gas khususnya tabung gas 3 Kg ada perbedaan dalam ketebalan mulut (knop) tabung. Seringkali karet seal yang bagus bocor pada tabung A tapi bisa rapat pada tabung B.

Berikut adalah keluhan tentang karet seal tabung yang saya ambil dari sebuah blog.

 

MOHON PERTAMINA PEDULI - KARET SEAL TABUNG LPG SERING BOCOR

Era sekarang ini kita dituntut untuk memanfaatkan energi (minyak dan gas) se-efisien mungkin karena sumbernya yang semakin menipis. Tapi faktanya setiap membeli LPG selalu bocor dari karet seal-nya karena seal tersebut sudah bekas pakai.

Kalau kebocoran hanya satu tabung memang tidaklah berarti, akan tetapi jika semua tabung yang digunakan di kota Medan mengalami hal serupa berapa banyak gas terbuang sia-sia? Dan gas yang terbuang ke atmosfer ini juga akan membahayakan kehidupan makhluk hidup karena berkontribusinya terhadap peningkatan efek rumah kaca atau pemanasan global.

Apabila kita amati karet seal mudah kaku terhadap hidrokarbon sehingga untuk pemakaian berikutnya karet sudah tidak lagi menjepit yang mengakibatkan kebocoran. Boleh juga karena kualitas bahan karet yang kurang baik, setelah dipakai sekali menjadi tidak lagi elastis yang seharusnya menjepit terhadap bodi jarum regulator gas.

Jika sudah demikian maka kita pasti kembali mencari karet seal (minta pada penjual gasnya). Ternyata si penjual ada menyimpan karet yang baru. Dari mana mereka peroleh kalau bukan dari pihak Pertamina, jadi kenapa tidak sekalian diganti di depot pengisian?.

Menurut saya harga karet tidaklah mahal, tetapi bagaimana sebenarnya prosedur pengisiannya kembali?

Kemudian, semestinyalah hal ini disadari bahwa LPG bocor dapat mengakibatkan kebakaran dan ledakan sebab tidak semua lapisan masyarakat pemakai LPG paham secara teknis dan faktor keamanan.

Jadi mohonlah kepada pihak terkait yang berwenang untuk tanggap dalam hal ini supaya efisiensi penggunaan energi terjamin, juga tidak bertambah kondisi pemanasan global akibat dari hidrokarbon yang semakin menumpuk di atmosfer dan tidak kalah penting rakyat janganlah selalu dirugikan. Mohon Pertamina peduli.

 

 

Adalah percuma Anda memiliki Regulator, Selang, dan Kompor yang berharga jutaan Rupiah dengan segala fasilitas keamanannya jika kebocoran disebabkan oleh karet seal tabung yang sobek / rusak / kaku (99% kebocoran berasal dari sini). Hal ini karena gas LPG yang bocor tidak keluar melalui saluran regulator, selang, atau kompor, tapi melalui sambungan / celah antara regulator dan mulut (knop) atas tabung gas.

 

Celah antara bagian dalam mulut regulator dan bagian atas knop (mulut) tabung gas inilah SATU - SATUNYA titik dalam instalasi kompor gas yang tidak ada pengamannya jika kebocoran disebabkan oleh karet seal tabung yang rusak.

 

Sekarang banyak beredar catok atau klem regulator seperti gambar di bawah ini dengan harga cukup mahal.

 

 

 

 

Pertanyaannya, apakah catok atau klem regulator akan mencegah kebocoran gas?...

 

Dari penjelasan saya tentang "celah tanpa pengaman" di atas, saya yakin Anda dapat menjawab sendiri pertanyaan ini. Dari fungsi catok regulator itu sendiri juga sudah jelas bahwa catok tersebut berguna untuk "menekan dan memegang" regulator agar tidak goyang.

 

Memang penekanan terhadap regulator akan mengakibatkan tekanan regulator pada karet seal tabung menjadi lebih kuat. Tapi penekanan berlebihan pada karet seal tabung justru dapat berakibat fatal, yaitu menyebabkan karet seal tabung menjadi sobek / pecah. Apakah catok regulator akan menahan kebocoran gas yang terjadi?...

 

Sekali lagi dari penjelasan saya tentang "celah tanpa pengaman", saya yakin Anda juga dapat menjawab sendiri pertanyaan ini.

 

Lalu, bagaimana solusi terbaik mengatasi masalah "ngeses" / bocor gas LPG?...

 

Solusi terbaik adalah dengan menutup / meng-isolasi celah antara regulator dan mulut atas tabung gas.

 

Bagaimana caranya?...

 

Gunakan karet seal yang dirancang dengan bahan, ketebalan dan bentuk khusus seperti gambar di bawah ini.

 

 

 

 

Pasang karet seal pada bagian dalam mulut regulator

 

     

 

 

Pada saat regulator dipasang dan terkunci pada tabung gas, maka karet seal regulator akan menutup celah antara regulator dan tabung gas. Dengan demikian jika karet seal tabung sobek / rusak / bocor maka kebocoran tersebut akan ditahan oleh karet seal regulator ini sehingga gas tidak keluar.

 

Adanya karet seal regulator ini juga akan membuat kedudukan regulator menjadi kuat dan mantap (tidak goyang) sehingga tidak perlu di-klem lagi. Dan satu lagi, karet seal regulator tidak perlu ganti baru setiap kali ganti tabung gas. Sekali pasang, karet seal regulator bisa digunakan sampai bertahun - tahun.

 

Hasil uji coba yang saya lakukan :

  • Saya gunakan karet seal tabung rusak. Regulator saya pasang tanpa karet seal regulator. Hasilnya : Ngeses / Bocor

  • Regulator saya pasangi karet seal regulator. Hasil : Kebocoran hilang

  • Yang paling ekstrem (tidak saya sarankan untuk pemakaian sesungguhnya), saya pasang karet seal regulator tapi saya lepas karet seal tabung. Hasil : Tidak bocor!

Kesimpulan : Meskipun solusi sederhana dan murah, karet seal regulator efektif mencegah kebocoran gas langsung pada sumbernya. Pemasangan karet seal regulator akan meminimalkan musibah yang disebabkan oleh kebocoran gas LPG akibat kecerobohan manusia (human error).

 

Tertarik memasang karet seal regulator ini pada regulator Anda?...

 

Produk ini adalah inovasi baru yang belum dipasarkan secara luas di toko - toko. Jadi kemungkinan sangat kecil Anda mendapatkannya di toko - toko yang ada di sekitar Anda. Tapi Anda bisa membelinya secara online melalui situs ini.

 

 

Inovasi Baru

Seal Regulator ABG "Anti Bocor Gas"

 

 

 

Rp.10.000,- / pcs

 

 

NB1 : Cocok untuk semua jenis regulator (tabung 3 Kg maupun 12 Kg), kecuali regulator yang memiliki setelan / putaran seperti yang digunakan oleh penjual gorengan, mie ayam, atau kompor gas dengan tungku besar.

 

NB2 : Beberapa kasus dilaporkan, gas tetap "ngeses" meskipun dengan volume yang jauh berkurang setelah pemasangan Seal Regulator ABG. Hal ini bisa disebabkan karena permukaan mulut atas (knop) tabung gas ada goresan yang dalam. Atasi dengan mengolesi permukaan mulut atas tabung gas menggunakan sedikit sabun colek atau sabun mandi untuk menutup goresan tersebut.

 

 

Demi Keamanan - Pesan Sekarang Juga!

 

  • Harga Grosir 1 Rp.7.500,- (min. 20 pcs)

  • Harga Grosir 2 Rp.6.500,- (min. 50 pcs)

  • Harga Eceran Rp.10.000,- / pcs

          *Harga belum termasuk ongkos kirim

 

 

Cara Pemesanan :

  • Hitung sendiri total biaya sesuai jumlah pemesanan Anda menggunakan data di atas.

  • Tambahkan Rp.5.000,- untuk ongkos kirim jika Anda tinggal di P. Jawa dan Rp.10.000,- jika Anda di luar P. Jawa

  • Transfer biaya pemesanan ke BCA Rek. 7960125244 atau Mandiri Rek. 1360006292814 a/n Budi Subyakto ST

  • Konfirmasikan transfer Anda via SMS dengan format : Bank, Nilai Transfer, pcs SEAL, Alamat Kirim, Nama

  • Barang akan saya kirim via Paket Pos Kilat Khusus

 

Jadwal Pengiriman Paket :

  • Senin ~ Jum'at : Jam 13.00 WIB

  • Sabtu : Jam 11.00 WIB

  • Minggu : Libur

Catatan : Konfirmasi transfer + alamat kirim diatas jam - jam tersebut atau pada hari Minggu, paket akan saya kirimkan pada hari berikutnya.

 

Khawatir pesanan Anda tidak dikirim?... Lihat 50 data pengiriman paket terakhir (produk fisik) saranaguna.com (update mingguan)  - Klik Disini!

 

 

 

Salam

 

 

Budi

 

Budi Subyakto, ST

Jl. Subali Raya 84 Semarang

Jawa Tengah - Indonesia

Telp. 024-7621946

HP. 081325619530

Email. budisubyakto@yahoo.co.id

Portal Bisnis : www.saranaguna.com

 

Terpercaya melayani ribuan konsumen / member secara online sejak 2006

 

 

 

 

        

 

Ingin SUKSES dalam Pemasaran, Karir, dan Bisnis?... Klik Disini!

 

http://www.saranaguna.com/antibocorgas

powered by jalurprofit.com